Demam Pada Anak-anak

Propolis Platinum Demam Pada Anak-anak
Demam Pada Anak-anak
 

Gejala sakit pada anak yang sering kita jumpai adalah demam. Sebenarnya apakah demam itu dan bagaimana kita menyikapinya, khususnya bila demam terjadi pada anak-anak kita? Demam bukanlah sebuah penyakit tetapi merupakan sebuah gejala. Demam terjadi ketika sistem kekebalan tubuh sedang berperang melawan infeksi. Dalam istilah medis, seseorang disebut menderita demam jika suhu tubuhnya mencapai 37,5° celcius atau lebih.

Cara yang paling cepat, tepat,dan mudah untuk mengetahui apakah anak Anda sedang demam adalah dengan memeriksa suhu tubuhnya. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan dengan memakai termometer. Jangan bergantung pada rabaan tangan untuk mengukur demam. Suhu anak bisa saja lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Apa saja penyebab demam?

Infeksi merupakan penyebab terbanyak demam pada anak-anak. Infeksi adalah keadaan tubuh yang dimasuki kuman penyebab penyakit, bisa virus, parasit, atau bakteri. Contoh penyakit infeksi dengan gejala demam adalah flu, radang saluran pencernaan, infeksi telinga, croup, dan bronkhiolitis. Beberapa imunisasi anak-anak juga dapat menyebabkan demam. Kapan demam akan timbul tergantung dari vaksinasi yang diberikan (biasanya imunisasi DTP, HiB, dan MMR)

Apa saja yang bisa dilakukan saat anak demam ?

  • Kompres dengan handuk atau washlap khusus
  • Meningkatkan asupan cairan, karena biasanya demam akan memicu terjadinya dehidrasi
  • Mengonsumsi nutrisi slaah satunya Propolis Platinum yang terbukti efektif dalam membantu tubuh melawan infeksi serta membantu menurunkan demam yang terjadi
  • Istirahatkan anak saat demam

Jadi bila terjadi demam pada anak-anak kita, jangan langsung panik dan segera memberikan obat. Kita bisa lakukan langkah-langkah mudah diatas terlebih dahulu sebelum diberikan obat kimia.